Senin, 07 Mei 2012

cara sopan santun yang baik

Sopan santun biasanya paling banyak digunakan oleh orang-orang Timur, yang merupakan sebutan bagi para penduduk di dunia belahan timur. Seperti di Benua Asia ini, dan khususnya negara Indonesia yang mana memang sudah sejak zaman nenek moyang kita untuk selalu bersikap sopan santun terhadap orang lain.
Sikap Sopan Santun yang Baik
Tapi sepertinya jika ditelaah lebih jauh lagi, generasi muda sekarang seakan sudah mulai kehilangan sopan santun mereka terhadap orang lain, walau pun hanya sekedar dengan rekan sebayanya. Padahal kan yang namanya sopan santun itu tidak hanya untuk diperhatikan, tetapi juga untuk diamalkan.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya ketika kita bertemu seseorang yang berlaku sopan terhadap diri kita, bukan kah kita juga akan bersikap sopan santun juga kepada orang itu? Tapi untuk generasi muda sekarang ini sepertinya sudah tidak ada lagi sopan santun di dalam pikiran mereka, sepertinya yang ada hanya saling mencari pengakuan diri dari orang lain saja, akan seperti apa masa depan generasi muda yang seperti itu?.
Hanya karena seorang anak yang merupakan anak seorang pejabat, lantas sikapnya seakan seperti bos yang suka mengatur. Kalau kita bertemu dengan orang semacam ini, pastinya kita juga akan merasa tidak senang dengan sikapnya itu kan? Apalagi jika ditambah yang tidak hanya terhadap satu orang yang diajak bersosialisasi, tapi juga terhadap lingkungannya, sudah bisa dipastikan sikap seperti itu tidak akan membawa kebaikan untuk dirinya dan lingkungannya.

Bersikap sopan santun tidak hanya dilakukan saat kita sedang bersosialisasi dengan orang lain, tapi juga untuk pada saat kita berada di lingkungan sosial kita. Jangan berpikir hanya karena kita tidak sedang bersosialisasi dengan seseorang secara berhadapan langsung, lantas sikap sopan santun kita hilang di lingkungan sosial tersebut yang meski orang-orang di sekitar kita tidak mengenal kita.

Dilihat dari cara berpakaian saja sebenarnya sudah bisa ditebak orang itu punya sopan santun atau tidak. Di sini saya tidak mengkhususkan kepada siapa, entah itu seorang perempuan atau laki-laki, tapi jika selama cara berpakaian orang tersebut tidak benar maka orang itu memang tidak memiliki atau tidak mengetahui tentang sopan santun.
Cara berpakaian yang seperti apa yang saya maksudkan? Kalau secara umum misalnya saja lengan baju yang sengaja dilipat, entah untuk apa tujuannya tapi jika dilihat dari sisi orang yang melihatnya itu berarti menunjukkan dia adalah seorang yang punya kesombongan tingkat tinggi, itu sama artinya dengan dia tidak mengetahui tentang sopan santun dengan diri sendiri serta lingkungan.
Mungkin bagi yang sengaja melipat lengan bajunya itu mengira kalau dia adalah seseorang yang lebih daripada orang lain, tapi itu adalah suatu kesalahan yang cukup berbahaya dalam sopan santun terhadap dirinya dan lingkungannya.

Tetap menjaga sopan santun dengan baik sangat perlu diperhatikan, sehingga apabila kita sedang bersosialisasi terhadap orang lain serta terhadap lingkungan sosial kita, kita perlu berpikir menjadi orang lain seperti apa penilaian mereka terhadap diri kita agar orang lain pun akan menilai secara baik kepada kita.
Sopan santun yang baik adalah ketika kita mengekspresikan diri kita kepada orang lain dengan tetap bisa menghargai orang lain, dengan begitu akan ada penilaian yang baik terhadap diri kita, sehingga mereka juga akan memperlakukan dengan baik diri kita. Jadi sopan santun adalah fasilitas yang bagus untuk saling bersosialisasi dengan orang lain serta lingkungan sosial kita untuk mendapatkan penghargaan diri yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar